Jenis-Jenis VGA Card

VGA card Atau nama latinnya Video Graphic Array adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda.

Namun demikian kebutuhan akan VGA Card baru akan terasa ketika anda membutuhkan komputer yang mampu mengolah tampilan graphic yang besar, seperi graphic 3D pada VGA card Atau nama latinnya Video Graphic Array adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda.

komputer, atau pemutaran video dengan kualitas yang sangat tinggi. VGA Card yang merupakan bagian-bagian CPU ini dapat memperjelas visual dari komputer dalam hal graphic yang lebih tinggi dari komputer atau laptop pada umumnya.

Sejarah VGA Card

VGA Card sebenarnya merupakan salah satu bentuk teknologi perangkat keras komputer yang tergolong baru, karena apabila dilihat dari waktu diciptakannya komputer, hingga dipasarkannya VGA Card secara komersil, terpaut kurang lebih 30 tahun. Komputer atau super komputer sudah mulai dikembangkan sekitar era 40 – 50, sedangkan VGA Card mulai dijual secara komersil pada era 80-an, tepatnya pada tahun 1987 oleh perusahaan teknologi raksasa, IBM (International Bussiness Machine).

Pengembangan dari VGA Card mulai berkembang pesat, terutama ketika kebutuhan akan user terhadap 3D dan juga gaming semakin meningkat. Hal ini kemudian akhirnya memunculkan banyak sekali generasi dari VGA Card hingga saat ini. Berikut ini adalah beberapa tipe VGA Card yang pernah dibuat dan dipasarkan:

  • S3 ViRGE
  • ATI RAGE 3D
  • NVIDIA NV3
  • NVIDIA NV4
  • NVIDIA GEFORCE Series
  • ATI RADEON Series

Beberapa jenis VGA Card di atas merupakan beberapa VGA yang populer di kalangan pecinta dunia grafis dan juga 3D, yang saat ini masih berkembang dan meluncurkan banyak produk-produk VGA Card yang baru dan semakin berteknologi canggih. Fungsi VGA Card disini sudah cukup jelas untuk memberikan tampilan graphic bagi komputer atau laptop menjadi kualitas yang cukup tinggi sehingga maampu memberikan kepuasan dan kinerja yang lebih bagi para designer graphic.

Fungsi dari VGA Card 

VGA Card sendiri sudah pasti memiliki banyak fungsi dan juga yang sangat  penting untuk kebutuhan komputer  anda,berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari VGA Card :
 
  • Membantu membuat desain grafis dan juga 3D desain 
  • Grafik dalam bermain game menjadi lebih baik .
  • Tampil layar menjadi lebih jernih dan baik.
  • Dapat  mengkoneksikan laptop atau PC  ke layar TV dengan menggunakan HDMI sehingga menghasilkan kelitas gambar yang baik
  • Cocok bagi anda yang senang menonton film dengan detail yang sempurna.

pada dasarnya VGA Card terbagi menjadi 2 jenis,sebagai berikut ;

1.VGA On-Board

Sesuai dengan namanya, VGA Onboard merupakan jenis VGA yang banyak digunakan pada komputer atau laptop standar. VGA Onboard berarti chip VGA yang digunakan menjadi satu dengan motherboard. VGA on board bekerja dengan memanfaatkan memory komputer anda, alias RAM.

Penggunaan VGA On-Board

VGA Onboard umum digunaan pada komputer dengan spesifikasi rendah, dimana kebutuhan akan graphic dan juga 3D bukan merupakan kebutuhan utama. Biasanya komputer dengan VGA on-board banyak ditemui pada:

  • Komputer office.
  • Komputer server kecil.
  • Laptop atau netbook dengan layar kecil (10”).
  • Laptop dengan harga kisaran 2 hingga 3 jutaan (low end).

2.Keunggulan VGA On-Board

  • Perawatan mudah.
  • Harga jauh lebih murah.
  • Sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan komputer standar sehari-hari.

Kelemahan dari VGA On-Board

  • Lemah dalam menangani graphic berkualitas tinggi.
  • Tidak support dengan game beresolusi tinggi dan modern.
  • Terkadang sering mengalami gejala lag atau lemot ketika memutar video beresolusi tinggi.

2. VGA Card Offboard atau add-on.

Merupakan VGAyang belum terintegrasi pada mainboard atau belu ada VGA pada Mainboard. VGA Offboard kualitasnya lebih baik dari pada VGA Onboard. Untuk VGA Offboard ada beberapa jenis yang diantaranya adalah : VGA PCI, VGA AGP, VGA PCI EXPRES

Keunggulan VGA Card Offboard

Yakni sudah satu paket dengan motherboard, sehingga dipastikan tidak akan ada masalah dengan komputer anda ketika digunakan. Terlebih lagi, VGA card on-board bisa dikatakan gratis. Setiap anda membeli motherboard, pasti sudah terpasang VGA card on-board. Tentu saja ini sangat baik untuk anda yang memiliki budget terbatas dalam pembelian komputer.

Kelemahan VGA Card Offboard atau add-on

Adalah VGA card on-board tidak memiliki memori sendiri. Hal ini berakibat “pemotongan” memori utama CPU atau laptop anda yang dikenal dengan RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM terbatas, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi lambat.



 

Post a Comment

Previous Post Next Post