Mengenal Pengertian IP Public dan IP Private

Maksud dari cakupan penggunanya ini adalah seberapa luas penggunaan IP Address ini dalam sebuah jaringan lokal maupun jaringan publik. Jaringan lokal disini biasanya memiliki cakupan yang lebih sedikit daripada jaringan publik. Dimana penggunaan IP Address tentu saja berbeda. Untuk jaringan lokal menggunakan IP Private, sedangkan publik menggunakan IP Public. Apa saja perbedaan keduanya? Berikut ini adalah penjelasan dari IP Public dan IP Private.

 

  • Pengertian IP Public

    Sesuai dengan pernyataan diatas bahwa penggunaan IP Public memiliki luas cakupan yang lebih dari IP Private. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa IP Public adalah sebuah alamat IP yang digunakan perangkat komputer dalam jaringan global atau internet. Dengan menggunakan IP Public ini pengguna internet dapat mengakses internet. Pengguna internet umumnya dapat mendapatkan IP Public ini melalui provider internet atau disebut ISP (Internet Service Provider).

  • Pengertian IP Private

    Pengertian dari IP Private pastinya berbeda dengan IP Public. IP Private memiliki cakupan yang lebih kecil dibanding IP Public. IP jenis ini tidak dapat digunakan untuk mengakses internet. Lalu penggunaan IP Private ini untuk apa? IP Private biasanya digunakan dalam sistem jaringan lokal (LAN) seperti penggunaan telepon gratis pada sebuah perkantoran, hotel, atau sebuah instansi.

 

Mengenal Pengertian IP Dynamic dan IP Static

IP Address dibagi menjadi 2 berdasarkan bagaimana cara memperolehnya. Hal ini terjadi karena secara umum provider internet atau ISP memberikan 2 jenis IP yaitu, IP Dynamic dan IP Statis. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu IP Dynamic dan IP Statis.

 

  • Pengertian IP Dynamic

    IP Dynamic adalah sebuah IP yang selalu berubah-rubah dari waktu ke waktu. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena hal ini merupakan biaya yang efektif bagi provider internet atau ISP untuk alokasi IP kepada pelanggan. Selain itu, penggunaan IP Address yang berubah-ubah ini disebabkan karena persediaan IP yang semakin lama semakin sedikit. Jadi, perubahan IP yang berubah tersebut sebenarnya karena penggunaan IP secara bergantian dan yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah provider internet atau ISP.

  • Pengertian IP Static

    Berbeda dari IP Dynamic, IP Static adalah IP yang tidak akan berubah. Umumnya IP Statis digunakan oleh sebuah server atau perangkat yang penting. Pemberian IP ini jika ingin mendapatkannya maka wajib untuk membayar kepada provider internet atau ISP. Hal ini karena IP yang sudah kita gunakan tidak akan berubah dari waktu ke waktu.

 

Mengenal Pengertian IPv4 dan IPv6

Berdasarkan jumlah daya tampung perangkat IP Address dibedakan menjadi 2 yaitu IPv4 dan IPv6. Penggunaan kedua IP ini terjadi karena sekarang sudah banyak sekali website yang berada di jaringan internet. Selain itu, perangkat komputasi yang terhubung di dalam jaringan internet pastinya lebih banyak. Maka dari itu, berikut ini adalah penjelasan tentang IPv4 dan IPv6.

 

  • Pengertian IPv4

    IPv4 adalah IP versi keempat yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat jaringan dalam sebuah sistem pengalamatan. IPv4 merupakan ip yang digunakan ketika internet pertama kali digunakan oleh orang banyak. IPv4 terdiri dari 4 oktet yang setiap oktetnya dapat menampung 255 buah alamat. Jadi, jika dikalkulasikan IPv4 dapat menampung alamat sebanyak 4,3 milliar. Tetapi, perkembangan zaman yang kiat pesat membuat penggunaan IPv4 tidak memenuhi jumlah penggunaan perangkat komputer yang semakin banyak. Namun, hal ini
    tetap bisa diatasi dengan menggunakan NAT (Network Address Translation).

  • Pengertian IPv6

    IPv6 adalah versi terbaru yang lahir karena jumlah dari IPv4 yang semakin lama akan menipis. Berbeda dari IPv4, IPv6 terdiri dari 8 kelompok angka dan huruf yang setiap kelompoknya dipisahkan dengan titik dua. Karena banyaknya perpaduan angka dan huruf tadi membuat IPv6 dapat menampung 340(dot)282(dot)366(dot)920(dot)938(dot)463(dot)463(dot)374(dot)607(dot)431(dot)768(dot)211.456 alamat. Dengan jumlah yang fantastis seperti ini, kebutuhan alamat IP dunia tidak perlu dirisaukan lagi. Contoh dari IPv6 adalah 2001:9bd2: 85a3:0000:0000:8a2e: 0370:7334..

 

Mengenal Fungsi-Fungsi dari IP Address

Banyak sekali fungsi-fungsi IP Address yang dapat mendukung aktivitas kita dalam berinternet. Adapun fungsinya seperti sebagai sebuah identitas alamat perangkat dalam sebuah jaringan dan sebagai alat identifikasi host atau interface.Penjelasan mengenai fungsi dari IP Address adalah sebagai berikut.

 

  • IP Address sebagai identitas alamat perangkat

    Ip address digunakan sebagai identitas alamat setiap perangkat jaringan yang akan melakukan komunikasi antar perangkat. Fungsi ini sangat berguna bagi perangkat komputer dalam hal mengakses internet. Jika pengguna ingin mengetahui alamat perangkat yang digunakan, pengguna bisa melihatnya di pengaturan jaringan atau menuliskan what my ip di web browser.

  • IP Address sebagai alat identifikasi interface atau host

    Perangkat komputer yang digunakan dalam sebuah jaringan disebut sebagai host. Penggunaan IP address harus berbeda pada setiap host/perangkat. Nah, karena hal inilah yang membuat IP Address setiap perangkat yang terhubung pada jaringan komputer akan memiliki sifat yang unik dan berbeda satu sama lainnya.

 

Apa Saja Manfaat IP Address

Mengenal Apa itu IP Address : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya
 

 

Manfaat secara umum yang dapat dirasakan bagi pengguna internet dengan adanya IP Address adalah aksesibilitas yang mudah dalam melakukan kegiatan internet. Manfaat ini berkaitan erat dengan fungsi IP Address sebagai identitas sebuah perangkat. Jika dianalogikan sebuah perangkat sebagai manusia dan IP Address adalah sebuah nama, tentu hal ini akan mempermudah komunikasi antar manusia tersebut. Jadi, manfaat utama dari penggunaan IP Address ini bagi pengguna internet yaitu dapat melakukan komunikasi data, mengakses informasi, dan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan internet.

Bagaimana Cara Kerja IP Address

Di sinilah semuanya datang bersama. Beberapa oktet pertama dalam alamat IP mengidentifikasi jaringan. Jumlah oktet yang tepat tergantung pada kelas jaringan. Misalnya, dalam alamat Kelas A, bagian jaringan terkandung dalam oktet pertama, sedangkan sisa alamat digunakan untuk menunjukkan subnet dan host. Dalam alamat Kelas B, dua oktet pertama adalah bagian jaringan, sedangkan sisanya untuk subnet dan host, dll.

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari waktu ke waktu jumlah pengguna internet akan terus bertambah. Hal ini disebabkan kebutuhan dan gaya hidup yang terus berkembang. Semakin bertambahnya pengguna internet ini tentu peran IP Address semakin dibutuhkan. IP Address akan berperan vital menghubungkan antar pengguna komputer dalam jaringan internet. Serta fungsi-fungsi IP Address juga akan bermanfaat bagi semua penggunanya.

Penggunaan IP Address ini harus digunakan secara baik dan optimal agar saling menguntungkan pengguna dan juga tidak merugikan sesama. Jangan sampai penggunaan IP Address kita salah gunakan kepentingan yang memberikan dampak buruk bagi sesama pengguna. Demikianlah artikel tentang mengenal apa itu IP Address : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post